Cara Setting TV Indihome

Cara Setting TV Indihome (UseeTV & STB TV)

Cara setting TV Indihome (UseeTV & STB TV) merupakan metode yang bisa dengan mudah kamu pelajari. Hal ini jelas diperlukan jika kamu ingin menggunakan layanan saluran TV sebagai bagian dari paket Indihome itu sendiri. Pastinya dengan pilihan banyak saluran TV yang lengkap serta bisa kamu akses kapan saja sesuai keinginan.

Seperti yang kamu ketahui bahwa layanan Indihome ini memiliki segudang fitur khusus untuk semua pelanggannya. Dimana produk dari PT Telkomsel ini menyediakan layanan internet yang dilengkapi juga dengan telepon rumah serta siaran TV digital. Jadi, jika kamu menggunakan Indihome, maka kamu bisa menikmati paket lengkap setiap bulannya.

Harga dari seluruh paket layanan Indihome ini juga tidak terlalu mahal dan kamu bisa menikmati akses jaringan Wifi yang kuat. Selain itu, pengguna layanan ini juga bisa memasang perangkat router Wifi ini di rumah masing-masing. Dengan harga berkisar antara Rp 300.000 setiap bulan untuk semua layanan pilihan. Maka kamu sudah bisa berselancar internet dengan stabil.

Nah, untuk layanan televisi yang ada pada produk Indihome ini sendiri. Kamu memang harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Kemudian apakah mungkin cara setting TV Indihome (UseeTV & STB TV) ini bisa di lakukan denga mudah? Sebagai jawaban mengenai hal tersebut, kamu bisa menyimak penjelasan dalam diskusi artikel kami kali ini secara lengkap dan hingga akhir.

 

Cara Setting TV Indihome (UseeTV & STB TV) Mudah

Sebenarnya untuk cara setting TV Indihome (UseeTV & STB TV) ini bukanlah merupakan hal yang sulit untuk kamu lakukan. Namun memang kamu harus menghafal terlebih dahulu nomor internet pemakaian TV berikut password-nya. Agar lebih mudah mengetahui nomor internet tersebut, maka kamu bisa menghubungi nomor 147 yang merupakan layanan dari Telkomsel.

Lalu silahkan kamu ikuti petunjuk yang ada di bawah ini:

Hubungkan TV dengan Set Top Box atau STB

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan dulu STB lalu menyalakan TV yang ingin kamu gunakan. Selanjutnya kamu koneksikan kabel LAN untuk STBĀ  port WAN atau ONT port LAN 4 di STB guna memakai mode ONT, atau Fiber, atau ADSL.

Kemudian silahkan kamu koneksikan STB pada perangkat TV melalui kabel HDMI atau bisa juga dengan memakai audio video yang cocok pada tipe TV yang kamu miliki. Lalu silahkan kamu lakukan setting TV agar bisa menginput audio dan video RCA-nya.

Kamu juga bisa menggunakan metode lain yakni memakai HDMI yang kompatibel dengan kabel STB yang akan kamu pakai. Serta TV agar bisa dikoneksikan satu dengan lainnya secara tepat dan rapi. Ingat, jangan sampai ada kesalahan dalam melakukan setting ini agar terhindar dari resiko lainnya.

Artinya, kamu harus benar-benar memperhatikan metode pengaturan yang ada diatas untuk kemudian melanjutkan metode berikutnya.

Setting DHCP, Password, dan Username STB

Cara setting TV Indihome (UseeTV & STB TV) selanjutnya adalah dengan mengklik tombol set pada remote Set Top Box milik kamu tersebut. Kemudian jangan lupa untuk memasukkan kata sandi 6321 lalu tekan opsi DHCP-nya.

Lanjutkan dengan melengkapi kolom rekening menggunakan password dan internet lalu klik OK. Kemudian silahkan kamu klik lagi opsi info dan masuk ke menu network info untuk menampilkan IP Useetv 10.X/20 dengan notifikasi bahwa STB dan TV sudah terhubung satu sama lainnya.

Tapi, jika kamu melihat tampilan 192.168.x.x ONT modem, itu berarti STB kamu belum terhubung ke internet. kemudian apabila EPG ditampilkan, artinya Unicast sudah berhasil. Lalu jika Live TV juga ikut ditampilkan, maka Multicast sudah berhasil. Lalu ketika kamu lihat kedua layanan ditampilkan, maka artinya proses selesai.

Setting STB Indihome untuk Internet & Useetv

Silahkan kamu masuk pada web admin modem yang dikoneksikan ke jaringan Wifi dan temukan alamat IP dibelakang modem. Lalu jangan lupa input web admin dan silahkan klik enter, maka secara otomatis kamu akan diminta mengisi password dan username yang ada di belakang modem pengguna tersebut.

Lengkapi data yang diperlukan dan login dengan klik opsi WAN kemudian klik lagi pada IPTV di binding option. Selanjutnya silahkan kamu klik sambungkan LAN 4 Useetv lalu silahkan klik apply. Maka kamu akan beralih ke menu network application kemudian silahkan klik lagi IGM configuration.

Saat kamu berada pada menu IGMP silahkan klik yes dan IGMP mode kemudian klik lagi snooping dan tekan apply. Ingat! Kamu harus koneksikan kabel LAN 4 untuk set top box Indihome tersebut. Selanjutnya silahkan kamu klik menu setting lalu jaringan dan silahkan atur jaringan kabel Useetv dan nirkabel Useetv kamu. Jika sudah, maka prosesnya selesai.

 

Note:

Kenali remote control Set Top Box atau STB milik kamu untuk mekanisme pemakaian agar tidak membingungkan. Selain itu, silahkan kamu pahami juga fungsi utama cloning remote control tersebut untuk sambungan Indihome STB TV kamu.

Tujuannya supaya kamu tidak perlu repot menggunakan dua buah remote control saat melakukan penyetingan. Lalu silahkan pakai remote STB tersebut untuk melakukan input atau output TV guna kontrol saluran TV atau volume-nya.

Penutup

Bagaimana? Mudah bukan melakukan cara setting TV Indihome (UseeTV & STB TV) pada layanan Indihome yang kamu miliki. Kamu hanya perlu memahami seluruh metode penggunaanya agar kelak tidak bingung untuk melakukannya. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya :