Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner Menggunakan Aplikasi CamScanner

Diposting pada

Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner Menggunakan Aplikasi CamScanner

Suatu saat, smartphone kemungkinan besar akan menggantikan peran komputer untuk bekerja. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat perangkat kecil ini bisa bekerja dengan maksimal. Salah satunya untuk urusan scan dokumen yang awalnya hanya bisa dilakukan menggunakan scanner khusus. Jika Anda sering berkutat dalam hal kepengurusan dokumen, pasti akan membutuhkan alat untuk scan atau fotocopy. Namun harga alat khusus ini lumayan mahal, sehingga jarang ada orang yang mau membeli. Tapi hanya dengan menggunakan smartphone yang dimiliki, scan maupun fotocopy sudah bisa dilakukan dengan mudah. Untuk hasilnya pun tidak berbeda jauh, bahkan lebih bagus. Anda akan menghemat waktu dan biaya.

Kelebihan CamScanner Dibanding Alat Scanner

Lebih Hemat

Dengan menggunakan aplikasi CamScanner, akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat. Harga alat scanner bisa dibilang tidak murah, jadi sangat disayangkan jika membeli alat hanya untuk keperluan scan beberapa kali saja. Aplikasi CamScanner tersedia secara gratis, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Cepat

Bagi Anda yang sedang buru-buru untuk melakukan scan dokumen, gunakan saja aplikasi CamScanner ini. Hanya dengan menggunakan smartphone yang dimiliki, semua dokumen sudah bisa discan. Beda halnya jika menggunakan alat scanner, Anda perlu pergi ke tempat percetakan yang menyediakan jasa scan dokumen. Itu jelas membutuhkan banyak waktu.

Mudah Dalam Penggunaan

Aplikasi CamScanner ini termasuk mudah untuk dilakukan. Hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk menyelesaikan proses scanning. Jika dihitung, tidak sampai 3 menit hasil scanning dokumen sudah bisa dilihat. Jadi jangan khawatir tidak bisa melakukan scan dokumen menggunaman CamScanner ya.

Artikel Pilihan :  Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Lengkap

Jika ingin melakukan scan dokumen, Anda perlu mempersiapkan sebuah smartphone yang sudah terinstal aplikasi khusus scan. Anda bisa mencarinya langsung melalui Google Playstore. Aplikasinya memang bermacam-macam, Anda bisa menggunakan aplikasi sesuai dengan tutorial kali ini untuk memudahkan.

Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android

Scan Menggunakan CamScanner

  1. Pastikan smartphone Anda sudah terinstal aplikasi CamScanner dan memiliki kamera yang jelas.
  2. Buka aplikasi tersebut, tampilan awal aplikasi ini memang cukup simple.
  3. Untuk melakukan scan, tekan icon kamera yang berada di pojok kanan bawah. Nantinya akan muncul peringatan permintaan izin aplikasi untuk mengakses kamera, tekan Izinkan.
  4. Siapkan dokumen yang akan discan, pastikan dalam kondisi bersih dan tidak ada coretan apapun. Anda bisa meletakkannya di meja yang memiliki permukaan rata. Anda bisa scan dokumen seperti ijazah, KTP, Kartu Keluarga, ataupun dokumen lain.
  5. Setelah itu, arahkan kamera ke dokumen, perhatikan pada layar smartphone agar semua bagian dokumen terekam dalam kamera. Pilih menu dokumen dan klik icon kamera kembali untuk memotret.
  6. Setelah terpotret, Anda bisa memotong hasil scan dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Hasil scanningnya berupa file pdf sehingga kualitasnya akan tetap terjaga.

Setelah berhasil discan, Anda bisa langsung mencetak dokumen tersebut atau mengirim ke orang lain. Ukuran file hasil scannya cukup kecil sehingga memudahkan ketika pengiriman.

Itulah tutorial scan dokumen tanpa alat scanner menggunakan aplikasi CamScanner. Siapapun bisa melakukan cara ini selama memiliki smarthone. Aplikasi ini masih tersedia secara gratis di Google Playstore. Ukuranya pun cukup kecil, hanya 55 MB saja dan sudah digunakan oleh lebih dari 400 juta orang. Selain bisa dikonversi menjadi PDF, hasil scan dari aplikasi ini juga bisa diubah menjadi JPEG.

Artikel Pilihan :  Cara Download Video Youtube Dengan Mudah Melalui Hp Android

Artikel Lainnya :