Cara Merekam Meeting di Google Meet Tanpa Aplikasi Tambahan

Diposting pada

Cara Merekam Meeting di Google Meet Tanpa Aplikasi Tambahan

Google Meet merupakan salah satu aplikasi yang berguna untuk melakukan meeting virtual secara online, baik di Android, iPhone, atau komputer. Cara merekam meeting di Google Meet dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Dampak wabah Covid-19 membuat banyak jadwal terpaksa dilaksanakan melalui online.Namun Anda tidak perlu khawatir karena Google Meet menjadi aplikasi yang dapat diandalkan. Merekam semua siaran rapat yang penting mudah dilakukan dengan aplikasi ini.

 

Ketahui Cara Merekam Meeting di Google Meet

Sudah menjadi hal yang umum dilakukan bagi perorangan maupun perusahaan merekam jalannya meeting virtual. Pasalnya hasil record tersebut dapat mereka jadikan sebagai bahan dokumentasi atau diupload ke berbagai platform media sosial. Selain itu, tujuan merekam biasanya agar dapat dipelajari kembali dan dapat mengulang materi yang disampaikan.

Biasanya aplikasi video konferensi telah menyediakan fitur untuk merekam berlangsungnya meeting, termasuk Google Meet. Namun pengguna Google Meet harus memakai aplikasi pihak ketiga agar dapat menggunakannya.
Tapi, platform Google Meet ini dapat merekam video tanpa harus menggunakan aplikasi. Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Simak terus ulasan dari kami hingga tuntas agar terjawab rasa penasaran Anda.

 

Langkah-Langkah Merekam Ruang di Meeting Google Meet

Perlu diketahui, hanya PC saja yang dapat merekam ruang rapat di Google Meeting. Oleh sebab itu, bila Anda memakai Meet di smartphone, hanya dapat melihat apakah meeting yang sedang berlangsung direkam pengguna lain atau tidak.

  • Langkah pertama cara merekam meeting di Google Meet dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa membuka Google Meet via browser atau aplikasi.
  • Mulailah rapat terlebih dahulu di dalam sebuah ruangan. Selanjutnya masuk menggunakan akun Google milik Anda.
    Jika berhasil masuk lantas pilih menu Lainnya. Setelah itu langsung klik menu Record Meeting. Dengan demikian, Anda dapat langsung merekam jalannya rapat.
  • Jika ingin berhenti, kembali ke menu Lainnya dan tekan Berhenti. Secara otomatis video tersebut akan berhenti dan langsung tersimpan di Google Drive.

Mudah bukan cara menggunakan aplikasi Google Meet ini? Namun, ada beberapa ketentuan yang harus Anda penuhi untuk menemukan fitur Meeting Record di Google Meet.

 

Syarat Dapat Merekam Video di Google Meet

Cara merekam meeting di Google Meet sangat mudah, namun harus memenuhi beberapa persyaratan. Tidak seperti Zoom yang dapat menyalakan fitur rekam secara langsung. Aplikasi Google Meet hanya dapat menggunakan fitur record dengan memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

Google menetapkan aturan jika hanya beberapa pengguna saja yang dapat menyalakan fitur record. Meliputi penyelenggara rapat, bagian penyelenggara rapat, dan terakhir adalah pembicara yang sudah login menggunakan

 

Google Workspace.

Disamping itu,  cara record meeting di Google Meet  hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang masuk menggunakan akun G Suite. Akun G Suite ini tentunya berbeda dengan akun Gmail yang Anda miliki.

Akun G Suite yang dimaksud untuk merekam ruang rapat antara lain G Suite For Education, G Suite For Enterprise for Education, Essentials, Business Standard, dan Business Plus. Selain itu, biasanya Enterprise Essentials, Enterprise Standard, dan Enterprise Plus Edition.

Cara merekam meeting di Google Meet sangat gampang dan tanpa memerlukan program tambahan. Munculnya berbagai macam program rapat online tidak menjadikan masalah, sebab ada aplikasi Google Meet yang siap membantu. Sehingga dapat memutar kembali video untuk dipelajari, sebagai bahan evaluasi, atau yang lainnya.

 

Artikel Lainnya :