Cara Mengupload Video di Google Drive

Diposting pada

Cara Mengupload Video di Google Drive

Cara mengupload video di Google Drive merupakan metode yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan ruang penyimpanan Google Drive tersebut. ini banyak dilakukan oleh para pekerja kantoran atau bahkan siswa sekolah yang ingin memaksimalkan layanan gratis dari Google Drive.
Menariknya, kamu juga bisa menjadi salah satunya dengan memanfaatkan layanan Google Drive ini seperti membagikan, mengunggah, melihat, menyimpan, bahkan mengedit file yang kamu simpan di Google Drive. Penasaran gimana caranya upload video menggunakan layanan Google Drive?

Lihat penjelasannya berikut:

Ragam File yang Bisa Diunggah

Ada beberapa jenis file yang bisa kamu upload ke Google Drive, setidaknya ada empat macam yang diantaranya adalah:

1.     File Video,
2.     File Audio,
3.     File Dokumen, dan
4.     File Gambar.

Setelah kamu mengetahui empat macam file yang bisa diupload dengan mudah, berikutnya mari kita pelajari bagaimana cara mengupload video di Google Drive dengan menyimak tutorial di bawah ini:

 

Cara Mengupload Video Google Drive

1.    Menggunakan Komputer

  • Langkah pertama silahkan kamu aktifkan perangkat komputer terlebih dahulu,
  • Kemudian koneksikan komputer Anda dengan jaringan internet,
  • Lalu Anda buka saja layanan Drive.google.com melalui browser kamu,
  • Perhatikan pada bagian kiri atas, disana silahkan klik “Baru”,
  • Berikutnya silahkan kamu upload folder atau file video sesuai keinginan,
  • Selesai.

 

2.    Menggunakan Android

  • Aktifkan ponsel atau tablet Android kamu,
  • Lanjut buka aplikasi Google Drive yang ada,
  • Klik pilihan “Tambahkan”, kemudian tambahkan pertanyaan,
  • Klik lagi opsi “Upload”,
  • Tentukan saja file video yang ingin kamu upload ke Google Drive,
  • Kemudian lakukan upload video kamu sekarang,
  • Lakukan pengecekan pada bagian “Drive Saya” lalu pindahkan file,
  • Selesai.
Artikel Pilihan :  Download Codashop Pro FF Apk Terbaru Last Update Januari 2021

 

3.    Menggunakan iPad atau iPhone

  • Sama seperti diatas kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu perangkat iPhone atau iPad kamu terlebih dahulu,
  • Setelah itu lanjutkan dengan membuka aplikasi Google Drive yang ada dalam perangkat kamu tersebut,
  • Jangan lupa untuk klik menu “Tambahkan” lalu tambahkan pertanyaan,
  • Sampai disini kamu silahkan klik opsi “Upload”,
  • Temukan saja file video yang ingin kamu upload ke Google Drive,
  • Lalu silahkan upload file tersebut,
  • Selesai.

 

Catatan: Perlu kamu ketahui jika Anda ingin mengupload folder, maka itu hanya bisa kamu lakukan menggunakan perangkat komputer saja. Artinya jika menggunakan perangkat yang lain maka kamu hanya bisa mengupload file video saja.

Kemudian untuk cara-cara yang kami bagikan di atas, kamu harus mengikutinya secara tepat, dengan mengikuti poinnya satu per satu. Jangan sampai ada poin yang terlewat atau salah menginput, karena bisa berakibat kegagalan proses dan pastinya kamu harus mengulanginya kembali.

Setelah kamu menyimak dan mengetahui bagaimana cara mengupload video di Google Drive yang sudah dibagikan di laman atas. Selanjutnya kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang pengertian atau definisi dari Google Drive tersebut. Simak ulasannya berikut ini:

 

Apa itu Google Drive?

Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan berbagai data yang kemudian disinkronisasikan dan berada dibawah naungan Google. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2012 yang lalu dengan fungsi utamanya adalah penyinkronan data pengguna serta banyak dipakai untuk menyimpan data internet.

Tidak hanya menyimpan data saja, kamu juga bisa melakukan berbagai hal lain seperti berbagi banyak berkas, serta sinkronisasi data perangkat berbeda. Tak hanya itu saja, di dalam Google Drive terdapat juga berbagai jenis aplikasi offline yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dengan berbagai perangkat disesuaikan.

Artikel Pilihan :  Shopee Pay Later Tidak Muncul di Aplikasi

Kamu bahkan bisa mengakses layanan lainnya seperti Google Sheets, Google Slides, dan Google Docs yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Kamu dapat melakukan banyak hal seperti menggambar, formulir, spreadsheets, presentasi, mengedit dokumen, dan lain sebagainya dengan Google Docs.

Menariknya jika kamu membuat file atau dokumen menggunakan Google Docs, maka semua file tersebut akan secara otomatis tersimpan dalam Google Drive. Mungkin ini merupakan satu alasan pengguna mengapa hingga saat ini banyak sekali yang menggunakan layanan Google Drive tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa akses penyimpanan pada Google belakangan ini semakin marak digunakan dan terjamin keamanannya. Hal ini tentu saja lebih efisien jika dibandingkan kita menyimpan berbagai data dalam perangkat komputer atau perangkat ponsel Android yang sangat rentan.

Rentan maksudnya berbagai perangkat tersebut mudah sekali rusak akibat berbagai faktor penyebab seperti jatuh, atau bahkan tersiram air. Hal menjadikan semua data atau file yang kita simpan dalam perangkat komputer atau ponsel Android tersebut bisa hilang begitu saja jika kerusakan yang terjadi pada perangkat sangat parah.

Inilah yang kemudian menjadi alasan utama mengapa para pengguna banyak memilih menyimpan data atau file mereka ke dalam aplikasi Google Drive yang merupakan salah satu layanan gratis dari Google. Pastinya semua dokumen atau file data kita akan aman dan bisa dibuka kapan saja sesuai dengan keinginan.

Hal ini kemudian juga masuk akal, mengingat saat ini berbagai bidang juga telah mengandalkan internet untuk mengaksesnya. Jadi kita tidak perlu lagi menggunakan banyak perangkat keras seperti komputer atau laptop, yang pastinya sulit untuk dibawa kemana-mana jika ingin membuka data sewaktu-waktu kita perlukan.

Artikel Pilihan :  6 Aplikasi Pembuat Logo Menggunakan Smartphone Android

Jadi pilihan menyimpan berbagai data pada layanan Google Drive ini memang merupakan satu alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang tidak ingin ribet. Hanya memerlukan koneksi internet dan setelah itu kamu bisa menyimpan file data dengan mudah serta cepat.

 

Kesimpulan

Cara mengupload video di Google Drive akan sangat mudah kamu lakukan apabila memahami petunjuk yang sudah dijelaskan diatas. Hal ini tentu saja akan mempermudah langkah penyimpanan berbasis internet kamu yang pastinya bisa dibuka kapan saja.

Artikel Lainnya :