Cara Mengembalikan Chat WhatsApp di Google Drive

Diposting pada

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp di Google Drive

Cara mengembalikan chat WhatsApp di Google Drive merupakan beberapa metode yang dapat Anda jadikan pedoman untuk mengembalikan data. Hal ini umum dilakukan oleh pengguna saat akan berganti penggunaan ponsel lama ke perangkat ponsel Android yang baru.

Meskipun metode ini sebenarnya mudah untuk dilakukan, tapi tidak sedikit pengguna yang mengalami kebingungan dalam restore data WA dari Google Drive ke Ponsel Android. Agar tidak bertele-tele, langsung saja Anda simak tutorialnya yang kami bagikan di bawah ini:

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp di Google Drive

1.    Memulihkan Cadangan Google Drive

  • Pertama silahkan copot dan pasang kembali aplikasi WhatsApp.
  • Buka dan verifikasi nomor yang Anda gunakan.
  • Klik “Pulihkan” untuk pemulihan data WA Anda.
  • Lanjutkan dengan klik “Lanjut” dan selesaikan proses instal.
  • Sampai disini semua data Anda telah dipulihkan.
  • Selesai.

2.     Memulihkan Cadangan Lokal

  • Transfer dulu semua data pada ponsel yang baru menggunakan kartu SD, komputer, atau file explorer.
  • Unduh manager file.
  • Buka sd card/ WhatsApp/ Databases.
  • Ganti nama file Anda dari nama awal yakni “msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12” ke nama file baru yaitu “msgstore.db.crypt12”.
  • Copot dan pasang lagi WhatsApp.
  • Klik “Pulihkan”.
  • Selesai.

3.    Mencadangkan Chat WA

  • Buka WhatsApp
  • Klik titik tiga di kanan atas.
  • Pilih “Settings” di urutan bawah.
  • Klik “Chats” lalu “Chat Backup”.
  • Klik Opsi “Back up to Google Drive” harian.
  • Tentukan akun Google yang digunakan.
  • Pilih juga jaringan yang digunakan.
  • klik “Back Up” untuk mencadangkan.
  • pilih Settings di urutan bawah.
  • Selesai.
Artikel Pilihan :  Begini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Rooting

 

Note: Lakukan cara mengembalikan chat WhatsApp di Google Drive diatas dengan benar dan jangan sampai ada poin yang terlewat untuk menghindari kesalahan yang bisa berakibat fatal. Urutkan poinnya satu per satu agar pemulihan data Anda dapat kembali seperti yang Anda harapkan.

 

Mengapa Harus Mencadangkan WhatsApp?

WhatsApp mengumumkan bekerja sama dengan Google sehingga pengguna dapat menyimpan konten WhatsApp di Google Drive tanpa mengurangi jumlah penyimpanan. Google juga mengumumkan bahwa setiap pengguna harus menyimpan pembaruan di WhatsApp segera karena semua cadangan yang belum diperbarui selama satu tahun, akan hilang dari Google Drive.

Aturan ditetapkan dan hanya untuk pengguna Android. Namun, pengguna WhatsApp perlu mengubah cadangan data mulai sekarang. Google juga telah memberikan notifikasi email untuk pengguna WhatsApp dan Google Drive untuk menyimpan data WhatsApp mulai sekarang.

Hal ini karena backup yang telah dibuat selama ini menghabiskan kapasitas penyimpanan Anda di Google Drive. Informasi ini telah memastikan bahwa jumlah Google Drive cukup untuk menyimpan semua konten WhatsApp yang dianggap penting.

Selain itu jika Anda menyimpan data Anda di WhatsApp, maka Google Drive tidak akan menghapus data Anda alias akan tetap ada. Pilihan penyimpanan ke Google Drive bisa untuk beberapa kali menyimpan dan membuka file cadangan Anda saat diperlukan kapan saja sesuai keinginan Anda.

Penyimpanan data di Google Drive, bisa dikatakan berguna untuk mencegah kehilangan informasi atau percakapan yang mungkin akan dibutuhkan suatu saat. Itulah yang menjadi alasan mengapa Anda disarankan untuk menyimpan berbagai data WA di Google Drive.

 

Pengertian WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan, jika dilihat dari fungsinya, WhatsApp mirip dengan aplikasi SMS yang sering Anda gunakan di ponsel jaman dahulu. Namun WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan internet. WhatsApp memiliki beberapa fitur seperti kirim foto dari foto, kirim video, kirim file, panggilan telepon, lokasi GPS, atau mengirim kontak.

Artikel Pilihan :  Cara Mengembalikan Chat WA Yang Sudah Dihapus Sebelum di Backup

WhatsApp juga mendukung pengiriman emoji dan stiker, serta hal lainnya yang bisa dengan mudah dilakukan oleh pengguna. Pengguna dapat mengatur nama, foto, antarmuka, dan sejumlah alat privasi untuk melindungi identitas, serta bantuan dengan dukungan email, dan mengubah nomor akun.

WhatsApp diluncurkan pada tahun 2009, artinya WhatsApp telah berkembang sejak lama dan perlu Anda ketahui bahwa aplikasi WhatsApp dikembangkan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang bekerja di Yahoo. Popularitas WhatsApp sangat pesat di hampir seluruh dunia.

Pengguna aplikasi ini sangat pesat hingga akhirnya WhatsApp bekerja sama dengan Facebook dalam pelayanannya untuk semua pengguna. Dengan jaminan bahwa semua data pengguna aplikasi WhatsApp tetap end to end dan dijamin pula keamanan data penggunanya.

Meskipun belakangan ini banyak diluncurkan aplikasi chat lainnya serupa dengan WhatsApp, namun kepopuleran aplikasi ini tidak lantas meredup. Justru belakangan ini penggunaan WhatsApp semakin meningkat dengan pengunduhan mencapai puluhan juta dari tautan resmi yang menyediakannya.

WhatsApp memberikan layanannya ke komputer melalui halaman web, yang disebut WhatsApp Web, akhir Januari 2015. Disini browser akan terlihat seperti obrolan dan pesan teks dari ponsel Anda, artinya semua pesan Anda masih terhubung ke ponsel.

Pengguna WhatsApp harus terhubung ke Internet agar browser berfungsi. Semua browser komputer didukung, kecuali Internet Explorer. Antarmuka web WhatsApp mengambil versi Android 1 tidak berubah dan tersedia melalui web.whatsapp.com. Akses diberikan setelah pengguna aplikasi QR-nya melalui WhatsApp untuk menggunakan telepon.

 

Kesimpulan

Cara mengembalikan chat WhatsApp di Google Drive telah kami jelaskan secara rinci untuk Anda semua yang membutuhkan rujukan terkait diskusi kali ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada teman Anda agar apa yang kita bahas kali ini menjadi bermanfaat.

Artikel Pilihan :  Cara Menggunakan DU Recorder

Artikel Lainnya :