Cara Mengatasi Laptop Overheat Paling Efektif

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Overheat Paling Efektif

Laptop yang digunakan dalam waktu yang lama dan secara terus menerus akan mengalami panas yang berlebihan atau overheat. Hal yang wajar memang, akan tetapi keadaan tersebut jangan anda biarkan begitu saja. Hal ini akan menyebabkan berbagai masalah yang mungkin timbul, seperti terjadinya kematian pada prosesor atau laptop menjadi tidak lag atau hal lain yang lebih parah. Di bawah ini akan kita bahas cara mengatasi laptop overheat dengan langkah efektif.

Cara Mengatasi Laptop Overheat Paling Efektif

Panas berlebihan yang terjadi pada laptop dapat mengganggu performa dari laptop tersebut. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja anda. Perangkat laptop akan mudah panas dibandingkan dengan perangkat PC. Hal ini dikarenakan perangkat PC masih mempunyai ruang yang terdapat di dalamnya yang dapat digunakan sebagai sirkulasi udara. Oleh karena itu, sirkulasi pada PC lebih baik dibandingkan pada laptop.

Sementara desain pada laptop cenderung lebih tipis serta minimalis yang secara otomatis dapat menyebabkan komponen yang terdapat di dalamnya menjadi lebih penuh sehingga sirkulasi udara di dalamnya kurang begitu baik.

Penyebab Laptop Cepat Panas

Beberapa hal yang menyebabkan laptop cepat panas atau overheat antara lain adalah:

Peletakan Laptop Ketika Digunakan

Terkadang kita kurang memperhatikan tempat dimana laptop tersebut diletakkan yang dapat berdampak pada cepat panasnya perangkat tersebut. Dengan meletakkan laptop ketika digunakan pada tempat yang kurang pas seperti di atas bantal atau kasur yang dapat menyebabkan sirkulasi udara pada laptop menjadi kurang baik atau terhambat.

Artikel Pilihan :  5 Cara Menghemat Baterai iPhone Yang Boros

Lamanya Waktu Penggunaan

Penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama dapat berpengaruh terhadap meningkatnya suhu pada komponen yang terdapat pada laptop. Penggunaan laptop dalam kerja yang berat, seperti bermain game atau pada pekerjaan desain grafis akan semakin mempercepat suhu panas pada laptop.

Thermal Paste Kering

Prosesor merupakan salah satu komponen pada laptop yang mudah panas. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan gel yang disebut dengan thermal paste pada bagian atas prosesor. Hal ini bertujuan untuk mereduksi panas pada prosesor. Pada laptop lama, kemungkinan thermal paste mengalami kekeringan yang akan berdampak pada panas yang dihasilkan oleh prosesor tersebut.

Kipas Tidak Berfungsi Normal

Apabila kipas tidak berfungsi secara normal, maka akan menyebabkan suhu panas di dalam laptop meningkat dan sulit keluar karena adanya sirkulasi udara yang kurang baik akibat tidak berfungsinya kipas pada laptop. Tidak berfungsinya kipas pada laptop, salah satunya disebabkan adanya kotoran yang menumpuk pada kipas sehingga memperlambat kinerja kipas tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Overheat

Langkah-langkah yang dapat anda tempuh dalam mengatasi laptop yang mudah panas antara lain:

Gunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengurangi overheat pada perangkat laptop. Caranya dengan mengalirkan udara segar pada bagian bawah laptop supaya sirkulasi udara menjadi lancar. Cooling pad dalam keadaan kotor akan berdampak kurang baik pada laptop. Oleh karena itu, anda harus sering membersihkan cooling pad berbagai debu yang menempel.

Bersihkan Kipas Heatsink

Kipas ini berfungsi untuk membuang kotoran udara dari bawah laptop. Apabila kotoran menempel pada kipas heatsink akan berpengaruh terhadap sirkulasi udara sehingga akan menyebabkan laptop menjadi overheat.

Artikel Pilihan :  Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Ampuh

Gunakan Laptop Tanpa Baterai

Anda dapat mematikan laptop selama 10 hingga 15 menit pada setiap 2 atau 3 jam penggunaan. Hal ini bertujuan agar laptop tidak mudah rusak. Bagi anda yang menggunakan laptop lebih dari 7 jam per hari, sebaiknya anda mencopot baterai serta menjalankan laptop dengan menggunakan AC adapter guna mencegah terjadinya overheat.

Selain langkah diatas, hal penting yang harus anda tempuh dalam cara mengatasi laptop overheat yakni selalu menjaga kebersihan laptop serta menambahkan pasta gel (thermal pasta) pada prosesor. Dengan mengetahui langkah-langkah diatas, anda tidak perlu khawatir dalam mengatasi laptop yang mudah panas.

 

Artikel Lainnya :