Cara Mengatasi Komputer / Laptop yang Eror

Posted on

Cara Mengatasi Komputer / Laptop yang Eror

Hal terburuk ketika sedang banyak pekerjaan , tiba tiba komputer atau laptop anda eror atau hang. pekerjaan jadi jadi macet , data dikhawatirkan hilang. anda jangan panik dulu , tenangkan pikiran . disini saya memaparkan cara mengatasi komputer / laptop yang eror
Jika computer kita secara tiba tiba mati sendiri ?

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah memastikan kabel Power pada CPU anda terpasang dengan baik, dan juga cek Terminal listrik anda apakah berfungsi dengan baik. jika semua sudah terpasang dan bekerja sebagaimana mestinya langkah langkah selanjutnya ini yang perlu anda praktekkan .

pada umumnya Komputer mati/restart itu terbagi atas beberapa macam yaitu:

Mati atau me restart ketika baru mau memasuki Windows

Masalah ini dapat saja terjadi, pada umumnya hal ini terjadi karena ada gangguan Pada RAM ( Random Akses Memory ), jika belum terlalu parah cara memperbaikinya sangat cukup mudah. Ada hanya cukup melepas Ramnya dari Soketnya, lalu coba pindahkan Ke Soket yang lainya ( umumnya Komputer atau Laptop mempunyai lebih dari satu soket)

Bila masih bermasalah cari penghapus pensil bisa jadi masalahnya ada kotoran pada Ramnya, Coba gosoklah secara merata pada tembaga yang akan menempel pada Soket Ramnya di kedua sisinya. Lalu pasangkan kembali, sebelumnya coba anda bersihkan dengan Hand Vakum atau sejenisnya pada lubang soket.Jika masih terjadi maka anda harus mengganti Ram tersebut.

Artikel Pilihan :  3 Cara Mudah Melacak HP Yang Hilang Hanya Dalam 5 Menit

Bisa juga masalahnya ada pada kerusakan system windows, jika hal ini terjadi

  • langkah pertama coba nyalakan Komputer/laptop anda lalu saat menampilakan bios juragan tekan F8, setelah keluar pilihan anda coba pilih ‘Last Known Good Configuration’ Jika tidak merespon atau masih sama maka lakukan langkah berikut
  • Langkahnya sama seperti langkah ke-A, pilih Safe Mode, jika sukses anda dapat merestartnya sesuai dengan keinginan anda, paling tidak sebelum anda format ,anda harus membeckup data data yang penting . jika langkah b tidak merspon berarti anda harus mere install computer /laptop anda.

Mati ketika sedang asyik bermain dan menghidupkannya harus di tekan power On

Ada beberapa Komputer pada System biosnya terdapat pengaturan suhu, Komputer/Laptop akan secara otomatis mati jika telah mencapai suhu tertentu.

Masalah ini diperkirakan terjadi karena suku pada CPU anda cukup tinggi.cara mengatasinnya cukup mudah, berikut langkah langkahnya :

  • Restart Komputer/Laptop anda. Lalu masuk ke fungsi bios (ada banyak cara untuk masuk kebios, anda dapat mencobanyanya diantaranya : F2, F12, DELETE, F11, atau bisa juga anda mengeceknya dengan merestart lalu tekan Esc biasanya akan tampil pada monitor bagian bawah fungsi fungsi yang bisa anda gunakan unutk masuk ke system bios) jika telah masuk kebios, pilih PC HEALTH STATUS , Selanjutnya itu pilih CPU CRITICAL TEMPERATURE Kemudian anda atur Suhu pada pengaturan , pilih yang paling tinggi, lalu simpan dengan menekan F10 di teruskan dengan Y ( jangan lupa jika pilih suhu tertinggi setelah sudah anda pilih buka cover samping pada cpu anda supaya suhu di dalam tidak terlalu panas
  • Tambah beberapa fan/ kipas pada bagian dalam cpu.Namun jika hal ini masih terjadi, coba lihat prosesor anda pada montherboard, pastikan terpasang dengan baik dan rapat, (lakukan pengecekan setelah anda melepas kabel power agar terhindar dari Strum)
Artikel Pilihan :  Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dengan Sangat Mudah 2019

Mati mendadak namun tidak bisa menyala kembali walau sudah di tekan Tombol ON

Masalah ini kemungkinan terbesar rusak pada POWER SUPPLY atau bahkan Mother Board anda harus membawanya ke bengkel yang berpengalaman dan tentu saja yang harganya terjangkau.

Mati kemudian harus menunggu beberapa menit baru bisa menyala lagi namun harus menekan Tombol On, anda dapat langsung nyala tpi tidak sempurna cahaya pada monitor agak meredup. Kemungkinan hal ini karena arus listrik pada tempat anda tidak stabil ( naik turun ) mengeceknya cukup dengan melihat cahaya pada lampu pijar jika sering meredup lalu terang kembali berarti arus Listrik anda tidak stabil, mengatasinya anda harus memakai UPS atau minimal Stabilizer Listrik.

Demikian Cara Mengatasi Komputer / Laptop yang Eror semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang teknologi.

Artikel Lainnya :