Cara Memblokir Rekening Penipu

Diposting pada

Cara Memblokir Rekening Penipu

Cara Memblokir Rekening Penipu

Ada beberapa cara memblokir rekening penipu online dengan mudah dan bisa kamu lakukan secara langsung. Karena memang aktivitas ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan sangat berguna untuk mengantisipasi penipuan. Dimana hal ini memang sedang marak terjadi belakangan ini dengan berbagai modus kejahatan yang dilakukan.

Umumnya hal ini rentan terjadi pada beberapa transaksi online yang memang banyak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Terlebih lagi ini sangat berpengaruh pada beberapa konsumen atau orang yang tidak terlalu peduli dengan sistem keamanan saat bertransaksi. Dimana akan sangat mudah bagi penipu untuk melakukan aksinya.

Jadi, kamu memang harus dan wajib mengetahui bagaimana cara memblokir rekening penipu disaat kamu tersadar sedang menjadi korban penipuan tersebut. Jadi, kamu bisa meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi dan pastinya ini bukan hal yang menyenangkan. Untuk ulasan lebih lengkap silahkan kamu baca penjelasannya berikut:

 

Mudah dan Ringkas Cara Memblokir Rekening Penipu Melalui Online

Umumnya penipuan seperti ini sering terjadi kepada mereka yang sering bertransaksi secara online untuk berbagai hal. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mempelajari bagaimana cara memblokir rekening penipu melalui gerai ATM yang terdekat dengan kamu. Sehingga kamu tidak akan mengalami kerugian saat penipuan tersebut dilakukan oleh orang jahat.

Berikut ini cara mudahnya:

  1. Kamu bisa langsung menelpon pihak bank yang berkaitan untuk melaporkan adanya tindak penipuan tersebut. kamu bisa menjelaskan kronologi penipuan yang sedang kamu alami secara detail. Nantinya, pihak bank akan melakukan pemblokiran uang yang sudah kita transferkan tersebut sehingga tidak akan terkirim kepada si penipu tadi, dan segera minta persyaratan untuk mengembalikan uang tersebut.
  2. Lalu kamu bisa menyiapkan berbagai bukti transaksi yang dilakukan untuk mengecek rekening dari penipu. Kamu bisa menyimpan struk transaksi yang dilakukan atau chat via WA yang nantinya akan kamu jadikan bukti konkrit bahwa benar telah terjadi penipuan tersebut.
  3. Berikutnya silahkan kamu menyiapkan semua data terkait dengan si penipu tersebut misalnya nomor rekening dan nama pemiliknya. Kemudian simpan juga nomor telepon yang digunakan untuk melakukan penipuan. Atau bisa juga dengan menyimpan email dan jenis aplikasi online yang mereka pakai untuk menipu.
  4. Kemudian jangan lupa untuk menyiapkan juga berbagai syarat dokumen yang digunakan. Misalnya fotocopy dari KTP, lalu keterangan kronologi penipuan yang dialami, surat permohonan blokir yang ditandatangani diatas materai, serta STPL yang diterima dari pihak kepolisian terdekat.
  5. Selanjutnya kamu juga harus memberikan persyaratan untuk memblokir rekening penipu. Kamu harus memberikan persyaratan ini kepada pihak bank terkait dengan ATM atau rekening yang kamu gunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor bank atau dikirim melalui layanan email.
  6. Proses berikutnya adalah, kamu harus bersabar menunggu proses pembekuan rekening penipu tersebut yang dilakukan oleh pihak bank. Bank akan segera memverifikasi semua laporan yang dilakukan atas tindak penipuan yang kamu alami. Atau bisa juga pihak bank akan menjembatani untuk mempertemukan kamu dengan pihak yang menipu tersebut.
  7. Terakhir, kamu bisa menunggu proses selanjutnya yakni pengembalian dana atau uang yang kamu klaim sudah ditipu oleh orang lain. Kamu bisa menghubungi customer service dari pihak bank tersebut dan mempertanyakan soal pengembalian dana kamu.
  8. Selesai dan kamu bisa terbebas dari penipuan.

Dari beberapa langkah yang sudah kami bagikan di halaman atas tadi, kamu bisa mengikutinya secara berurutan dan dengan benar. Hal ini sangat diperlukan agar kamu bisa melakukannya disaat merasa kamu sudah ditipu oleh orang lain. Jadi kamu tidak akan mengalami kerugian dalam setiap bertransaksi secara online.

 

Cara Memblokir Rekening Penipu Berbagai Bank

Kamu bisa dengan mudah membekukan rekening dari penipu yang menggunakan akun DANA. Caranya adalah menghubungi CS DANA melalui layanan Whatsapp pada nomor 081911500445. Atau bisa juga dengan membuat laporan pada link pengaduan selama 24 jam pada email help@dana.id dengan menghubungi nomor 1500445.

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan cara yang lebih instan untuk membekukan rekening penipu pada beberapa bank. Misalnya seperti dibawah ini:

  • Blokir Rekening Penipu Untuk Bank BTPN

Untuk bank BTPN kamu bisa melakukan cara memblokir rekening penipu dengan instan. Kamu bisa membuat laporan terlebih dahulu lengkap dengan dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, nomor handphone, alamat email, data pelaku penipuan, bukti komunikasi dengan penipu, bukti transfer ke rekening bank btpn penipu.

Kemudian mengirimkan email pada jenius-help@btpn.com, lalu kamu bisa menunggu dengan bersabar proses yang akan dilakukan oleh pihak bank untuk membekukan rekening penipu tersebut.

  • Blokir Rekening Penipu Untuk Bank BCA

Untuk bank BCA kamu bisa kontak melalui layanan telepon ke nomor 021 235 88000, atau halo BCA di nomor 1500888. Untuk layanan email silahkan kirim ke halobca@bca.co.id, Twitter di @HaloBCA, kemudian Whatsapp pada nomor 08111500998 dan Livechat di alamat situs https://www.bca.co.id/.

  • Blokir Rekening Penipu Untuk Bank BRI

Selanjutnya jika kamu menggunakan bank BRI, maka kamu bisa mendatangi kantornya langsung dan menceritakan keluhan kamu. Jika tidak, bisa juga melalui FB di BANK BRI, Twitter di @kontkBRI, kemudian Email  pada alamat callbri@bri.co.id, no telpon 14017 atau 021 1500 017, dan website di URL https://bri.co.id/contact-us.

Nah, setelah kamu menyimak semua penjelasan kami diatas mengenai bagaimana cara memblokir rekening penipu. Maka selanjutnya kamu bisa memilih satu metode yang paling mungkin dan paling cepat kamu gunakan. Agar kamu bisa terhindar dari tindakan penipuan yang bisa merugikan kamu secara finansial.

Artikel Lainnya :