5 Cara Nonaktifkan WA Sementara di HP Android dan iOS

Diposting pada

5 Cara Nonaktifkan WA Sementara di HP Android dan iOS

Cara Nonaktifkan WA Sementara di HP Android dan iOS
Cara Nonaktifkan WA Sementara di HP Android dan iOS

Apakah Sahabat FarisTekno pernah merasa terganggu dengan hadirnya chat yang masuk di aplikasi WhatsApp? Apalagi jika chat yang diterima tergolong sangat banyak dalam satu hari. Hal ini mungkin bisa menyebabkan pengguna merasa risih akibat banyaknya notifikasi yang tampil pada layar HP. Langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara nonaktifkan WA sementara.

Adanya cara menonaktifkan WA ini membuat pengguna tidak perlu khawatir lagi akan banyaknya pesan WA yang masuk. Tentunya ini sangat membantu pengguna agar bisa merasakan pengalaman bermain game yang lancar tanpa ada gangguan dari notifikasi pesan. Berikut ini cara – cara yang bisa pengguna lakukan dalam menonaktifkan WA sementara di perangkat Android ataupun iOS.

Cara nonaktifkan WA Sementara di HP Android dan iOS

Menonaktifkan WA di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh Sahabat FarisTekno adalah menggunakan fitur bawaan dari masing – masing HP. Pengguna dapat melakukan proses ini melalui fitur Force Stop yang ada di aplikasi WhatsApp. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan untuk semua jenis HP Android. Hal ini dikarenakan sistem pengaturan di OS Android memiliki tampilan antar muka yang mirip.

Di bawah ini cara – cara untuk menonaktifkan aplikasi WA pada perangkat sistem operasi Android.

  • Pertama pengguna bisa membuka menu Pengaturan pada perangkat HP Android yang dimiliki.
  • Setelah itu, pilih opsi Apps atau Aplikasi pada tampilan pertama menu Pengaturan.
  • Selanjutnya, lakukan scroll ke bawah hingga menemukan aplikasi WhatsApp.
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih kolom yang berisikan kalimat “Force Stop”, kemudian pilih OK untuk menyetujui pemberhentian aplikasi WhatsApp dalam jangka sementara.
  • Setelah berhasil diberhentikan, maka pengguna juga dapat mematikan notifikasi. Cara yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah dengan memilih menu Notifications dan lakukan Block pada menu tersebut.
Artikel Pilihan :  Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android Yang Tiba-Tiba Muncul

Penggunaan cara ini membuat Sahabat FarisTekno tidak bisa menerima pesan apapun meski sudah menghidupkan sambungan data internet. Cara agar WA dapat menerima pesan kembali adalah dengan menjalankan aplikasi dan melakukan unblock pada notifikasi aplikasi tersebut.

Menonaktifkan WA Menggunakan Aplikasi Greenify

Greenify merupakan software yang membantu pengguna untuk melakukan hibernasi pada aplikasi – aplikasi tertentu. Adanya aplikasi ini membuat Sahabat FarisTekno bisa menonaktifkan aplikasi WhatsApp secara mudah dan cepat. Selain itu, aplikasi Greenify juga memungkinkan pengguna untuk mengatasi masalah daya baterai HP yang cukup boros.

Berikut ini langkah – langkah untuk menonaktifkan WA sementara menggunakan aplikasi Greenify yang ada di Android dan iOS.

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh Sahabat FarisTekno adalah mengunduh aplikasi Greenify melalui Google Playstore ataupun App Store.
  • Selanjutnya, pengguna dapat melakukan pemasangan aplikasi dan membukannya pada perangkat HP atau device yang digunakan.
  • Setelah terbuka, pengguna bisa memilih ikon Plus atau tambah yang ada di posisi kanan pojok atas.
  • Kemudian pilih opsi aplikasi WhatsApp hingga berubah warna menjadi hijau dan tekan ikon Ceklist pada bagian bawah.
  • Jika aplikasi berhasil dipilih, maka pengguna secara otomatis akan dibawa ke bagian menu “Greenify”.
  • Langkah terakhir, pengguna cukup memilih ikon “Zzz” pada bagian bawah untuk melakukan proses hibernasi pada aplikasi WhatsApp.

Tidak hanya itu, aplikasi Greenify juga menawarkan pengguna dengan fitur Automated Hibernation. Fitur ini membantu pengguna untuk melakukan hibernasi pada aplikasi secara otomatis. Tentunya ini membuat pengoperasian aplikasi menjadi lebih prakis dan efisien.

Menonaktifkan WA Menggunakan Aplikasi Hibernator

Cara berikutnya yang bia digunakan untuk membius atau menonaktifkan aplikasi WhatsApp adalah menggunakan aplikasi Hibernator. Umumnya aplikasi ini juga memiliki fungsi yang sama dengan Greenify. Hanya saja yang membedakan Hibernator dengan aplikasi lainnya yaitu memiliki fungsi yang lebih beragam. Selain itu, ukuran file aplikasi yang ditawarkan juga sangat kecil.

Artikel Pilihan :  Cara Download Video Youtube Dengan Mudah Melalui Hp Android

Di bawah ini langkah – langkah yang bisa pengguna terapkan dalam menonaktifkan WA sementara menggunakan aplikasi Hibernator.

  • Pertama pengguna dapat melakukan unduhan dan memasang aplikasi Hibernator yang ada di Google Playstore.
  • Setelah berhasil di pasang, pengguna dapat membuka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, lakukan scroll kebawah dan pilih aplikasi WhatsApp untuk melakukan proses hibernasi pada aplikasi tersebut.
  • Jika sudah ketemu, pilih ikon sleep atau Zzz pada bagian samping aplikasi.
  • Kemudian akan tampil jendela baru untuk melakukan pengaturan Hibernator. Cara yang dapat dilakukan oleh pengguna adalah dengan memilih “Show The Settings”, kemudian aktifkan hibernator pada bagin opsi menu Service.

Jika pengguna ingin membangunkan kembali aplikasi, maka bisa menonaktifkan hibernator aplikasi pada bagian menu Service. Selain melakukan hibernasi, Sahabat FarisTekno juga dapat menyematkan notifikasi pengingat agar aplikasi yang dinonaktifkan bisa dibuka kembali secara tepat waktu sesuai jadwal.

Menonaktifkan WA di HP Xiaomi

Pada cara ini hanya bisa dilakukan khusus untuk pengguna HP dari brand Xiaomi. Hal ini dikarenakan HP Xiaomi memiliki aplikasi bawaan original yang tidak bisa pengguna unduh melalui Google Playstore. Selain itu, cara menonaktifkan WA semnetara ini dapat dilakukan sangat mudah. Tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri bagi pengguna yang memakai HP Xiaomi.

Berikut ini cara – cara untuk menonaktifkan WA sementara di HP Xiaomi.

  • Langkah pertama pengguna bisa membuka aplikasi Keamanan yang ada di HP Xiaomi.
  • Setelah itu, lakukan scroll ke bawah untuk memilih menu “Penggunaan Data”
  • Kemudian pilih opsi “Batasi Penggunaan Data”.
  • Pada tampilan tersebut, pengguna akan diperlihatkan daftar semua aplikasi yang terpasang pada perangkat.
  • Pengguna dapat memilih aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke dalam “Lihat Setelan Apl”.
  • Langkah terakhir lakukan pemberhentian notifikasi dari kedua opsi, yakni Selluer dan Wi-Fi.

Perlu diingat bahwa cara ini membuat Sahabat FarisTekno tidak akan menerima pesan masuk apapun meski aplikasi telah dibuka. Pengirim hanya akan mendapatkan tanda ceklis satu jika pengguna tidak mengaktifkan kembali menu notifikasi WhatsApp di aplikasi Keamanan.

Artikel Pilihan :  Cara Unreg Axis , Indosat , Tri dan Telkomsel Terbaru 2020

 

Menonaktifkan WA di HP iPhone

Bagi Sahabat FarisTekno yang menggunakan HP berbasis sistem operasi iOS, maka cara dibawah ini bisa dilakukan untuk menonaktifkan WA sementara. Cara ini juga tergolong sangat mudah untuk dilakukan oleh setiap pengguna. Selain itu, pengguna juga tidak perlu melakukan unduhan dan memasang aplikasi tambahan.

Berikut ini cara – cara dalam menonaktifkan aplikasi WA dalam waktu sementara di HP iPhone dan iPad.

  • Cara pertama yang dilakukan pengguna adalah masuk ke bagian menu Pengaturan sistem.
  • Selanjutnya, lakukan gulir ke bawah untuk masuk menu Notifikasi.
  • Pilih aplikasi WhatsApp dan geser slide bar ke arah samping kanan untuk bagian “Allow Notifications” agar dapat mematikan notifikasi.
  • Jika sudah, maka Sahabat FarisTekno sudah bisa menonaktifkan WA sementara.

Setelah melakukan cara nonaktifkan WA sementara, maka pengguna tidak akan lagi menerima tampilan notifikasi dari aplikasi WhatsApp. Adanya cara ini membuat Sahabat FarisTekno tidak perlu khawatir akan pesan yang menganggu. Selain itu, proses untuk menonaktifkan WA dalam jangka waktu sementara ini dapat dilakukan secara mudah dan praktis.

Artikel Lainnya :