3 Cara Mendeteksi Hp yang Hilang Paling Cepat dan Akurat

Diposting pada

3 Cara Mendeteksi Hp yang Hilang Paling Cepat dan Akurat

3 Cara Mendeteksi Hp yang Hilang Paling Cepat dan Akurat – Sifat manusia memang tidak pernah lepas dari kesalahan, begitu juga dengan sikap teledor atau kecerobohan. Beberapa orang tentu pernah mengalami kehilangan barang karena kecerobohannya sendiri. Seperti kehilangan hp. Baik itu karena lupa meletakkannya atau memang hilang karena dicuri. Lantas bagaimana cara mendeteksi hp yang hilang?

Bila anda pernah mengalami yang namanya kehilangan barang, tentu akan mencarinya. Apalagi jika barang tersebut sebuah gadget atau hp. Kehilangan hp kadang membuat anda merasa sedih dan khawatir karena di dalamnya tersimpan berbagai data penting. Tenang, masih ada harapan. Karena hp yang hilang masih bisa dideteksi keberadaannya.

Cara Mendeteksi Hp yang Hilang dengan Mudah

Dengan hadirnya teknologi canggih saat ini, anda bisa mengetahui dimana keberadaan hp yang sedang hilang. Bahkan bisa melacak dari jarak jauh, mengunci layar, dan juga menghapus data yang ada di dalamnya.

Bagaimana cara mendeteksi hp yang hilang tersebut? Daripada anda menunggu lama, akan lebih baik bila anda simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Melacak Melalui Email

Ternyata anda bisa menggunakan email untuk melacak dan mendeteksi hp Android anda yang hilang. Biasanya di setiap hp Android terpasang email dan akun pemilik hp. Dari email ini, anda dapat melacak hp Android anda. Google sudah menciptakan sistem operasi Android yang mengharuskan pengguna hp memasukkan email yang akan digunakan di dalam Google Play Store.

Artikel Pilihan :  Cara Melacak HP Lewat IMEI Saat Hilang atau Lupa

Agar bisa mendeteksi dimana keberadaan hp Android yang hilang, maka anda bisa memasukkan alamat email di hp yang hilang tersebut. Kemudian memasukkan kata sandi. Jika sudah berhasil masuk, anda bisa pilih tampilan Gmail versi web. Pilihlah ikon dengan titik 9 di sisi kanan atas.

Masuk di akun Google, kemudian scroll ke bawah. Pilih opsi Mulai di tulisan Temukan Ponsel Anda.  Kemudian pilih hp yang hilang. Masukkan kata sandi email yang ada di hp yang hilang, kemudian pilih opsi Temukan.

Disini akan muncul Google Map. Kemudian klik Tutup. Pilih jenis hp yang dilacak, kemudian pilih icon refresh supaya posisi hp yang hilang bisa terupdate dan terbaca Google Map. Dengan demikian, hp yang hilang bisa terbaca di layar.

  1. Menggunakan Google ADM

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan sebagai cara mendeteksi hp yang hilang adalah menggunakan Google ADM. ADM atau Android Device Manager merupakan sebuah aplikasi gratis yang disediakan Google yang berguna untuk mendeteksi hp Android yang sedang dalam kondisi hilang. Caranya dengan mengaktifkan GPS di hp tujuan.

Caranya adalah dengan menggunakan gadget atau laptop lain untuk login ke ADM. Anda bisa dengan masuk ke akun Google anda. Masukkan alamat email dan kata sandinya. Disitu anda bisa melihat nama hp Android yang terkoneksi dengan alamat email yang sudah dimasukkan di layar.

Anda dapat mencatat alamat dimana hp tersebut berada. Bila ADM tidak muncul, kemungkinan hp yang hilang tersebut dalam kondisi mati. Sehingga tidak bisa diketahui alamat ADM.

  1. Memanfaatkan Fitur Tracking Google Maps

Satu lagi cara mendeteksi hp yang hilang adalah dengan menggunakan fitur Tracking Google Maps. Ada bisa membuka Google Maps dulu di hp yang digunakan untuk melacak. Ketuk icon garis 3 yang ada pada pojok kiri atas. Kemudian masukkan akun hp anda yang hilang dengan memilih opsi Add Account.

Artikel Pilihan :  Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Lengkap

Kemudian tekan ikon hamburger sekali lagi dan pilih Your Timeline. Dari sini pelacakan akan dimulai. Anda bisa menekan icon kalender untuk tahu dimana lokasi hp yang telah hilang dalam beberapa hari. Cara mendeteksi hp yang hilang ini bisa berfungsi dengan baik. Khususnya bila hp anda dalam kondisi mati.

 

Artikel Lainnya :