Cara Mengatasi HP Lupa Pola, PIN atau Kata Sandi

Posted on

Cara Mengatasi HP Lupa Pola, PIN atau Kata Sandi

Demi alasan keamanan dan juga privasi, tak jarang banyak orang yang menggunakan smartphone memasang fitur keamanan, seperti bentuk pola, PIN, ataupun kata sandi pada ponsel milik mereka. Sehingga nantinya perangkat pada ponsel yang kita punya menjadi bebas dari gangguan orang lain ataupun tangan-tangan yang jahil. Akan tetapi sayangnya, seringkali pengguna lupa akan bentuk pola, PIN, dan juga kata sandi yang mereka buat sendiri. Kini anda tidak perlu khawatir lagi, berikut merupakan cara mengatasi hp lupa pola, PIN, dan juga kata sandi yang dapat anda pelajari dengan mudah.

Cara Mengatasi HP Lupa Pola, PIN, dan Kata Sandi

Pada smarthpone sendiri kita dapat memasang dan juga menggunakan beragam fitur keamanan, seperti bentuk pola, PIN, ataupun kata sandi untuk menyulitkan orang lain membuka smartphone milik kita. Berbagai jenis atau merk smartphone tentunya memiliki fitur keamanan untuk dapat melindungi privasi dari pengguna.

Mungkin lantaran terlalu rumit ataupun terlalu sering menggonta-gantinya, akibatnya smartphone tidak dapat dibuka karena kita wajib memasukkan kata sandi yang sebelumnya telah dibuat.

Nah, bagi anda yang mengalami masalah dengan lupa kata sandi, pola, ataupun PIN, anda tidak perlu khawatir lagi karena anda dapat mengatasi hp lupa pola dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Langkah pertama yang dapat anda ambil adalah dengan menggunakan fitur Forgot Password/PIN/Pattern yang dapat anda akses setelah beberapa kali melakukan kesalahan memasukkan verifikasi keamanan ketika membuka lockscreen. Disini anda hanya membutuhkan hp Android yang telah terhubung internet dan juga akun Gmail yang telah terdaftar.

Artikel Pilihan :  Cara Aktivasi Windows 7 Permanent All Version Agar Menjadi Genuine

Anda dapat mengakses menu Forgot Pattern setelah melakukan beberapa kali kesalahan ketika hendak membuka kunci layar pada Android. Selanjutnya, anda akan diminta melakukan Sign In pada akun Gmail yang telah terdaftar pada smartphone Android.

Nantinya, anda juga akan diberi opsi tentang penggantian password, pola, atau PIN yang dimiliki. Setelah berhasil diganti, maka anda akan dibawa pada tampilan layar utama, anda dapat menggunakan password, PIN, atau pola baru yang selanjutnya.

  1. Menggunakan Android Device Manager

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah anda dapat mengakses Android Device Manager melalui laptop ataupun komputer milik anda. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini tanpa perlu menghapus data-data penting pada memori internal telepon milik anda.

Langkah pertama, anda dapat mengakses website Android Device Manager pada aplikasi browser pada komputer ataupun laptop milik anda. Jangan lupa juga untuk log in pada akun Gmail yang telah terdaftar milik anda. Nantinya anda akan dihadapkan pada 3 pilihan menu yaitu Ring, Lock, dan juga Erase.

Pilih menu Lock, kemudian anda akan dibawa menuju halaman pengubahan password. Setelah itu, anda dapat mengubah password baru pada smartphone milik anda. Setelah itu, smartphone anda akan tetap terkunci, namun dengan password yang baru anda dapat membuka smartphone milik anda.

  1. Menggunakan Safe Mode Android

Langkah selanjutnya cara mengatasi hp lupa pola yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan fitur Safe Mode. Anda perlu memperhatikan beberapa langkah tersebut, kemudian hp anda dapat anda buka kembali. Anda dapat mematikan hp Android dengan menekan tombol power beberapa saat. Setelah itu, akan muncul pilihan Power Off dan juga Restart. Di sini anda tinggal tap dan juga menahan opsi Power hingga muncul opsi Reboot To Safe Mode, kemudian tekan OK untuk melanjutkan proses. Nantinya anda dapat melakukan uninstall aplikasi lockscreen dan masuk kembali pada mode normal dengan melakukan restart.

Artikel Pilihan :  Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Ampuh

 

Artikel Lainnya :