Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Ampuh

Posted on

Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Ampuh

Bootloop adalah kondisi perangkat lunak pada HP berbasis Android yang mengalami kerusakan. Sistem operasinya tidak bisa atau gagal masuk dalam sistem utama. Sehingga layar HP atau hardwarenya hanya akan menampilkan satu perintah saja. Cara mengatasi HP bootloop sangat mudah, anda akan mendapatkan tutorialnya jika terus menyimak artikel dari kami.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Saat mengalami bootloop, perangkat akan terus berputar pada boot screen. Selain itu, tidak akan bisa masuk ke sistem. Perangkat pun tidak akan dapat digunakan kembali.

Cara mengatasi HP bootloop ada banyak. Namun, antara perangkat satu dengan yang lainnya mempunyai cara yang berbeda. Kemungkinan data di perangkat akan terhapus, dapat terjadi jika HP mengalami bootloop.

Penyebab bootloop bisa terjadi karena berbagai hal. Terutama jika HP bermasalah pada sistemnya. Setelah melakukan flashing custom ROM baru, kadang HP mengalami bootloop. Karena terdapat data lama yang belum terhapus sehingga sistem baru akan menggunakannya. Bootloop juga akan terjadi setelah anda menginstall paket custom ROM.

Instal mod kadang juga menjadi salah satu penyebab bootloop. Saat penginstalan tidak kompetibel dengan ROM dan  mod juga tidak tersusun dengan baik sehingga menyebabkan bootloop. Apabila anda salah dalam mengatur permission file sistem, akhirnya juga akan menimbulkan bootloop. Potensi penyebab bootloop terakhir adalah restore file yang berhubungan dengan sistem.

Cara mengatasi HP bootloop bisa dilakukan dengan beberapa metode. Anda dapat mencobanya, jika sudah mengetahui secara pasti penyebab bootloop.

  1. Bersihkan Dalvik-Cache

Bootloop akibat flashing custom ROM baru atau sesudah anda merestore backup dapat diatasi dengan cara membersihkan dalvik-cache. Sehingga sistem akan mengganti yang baru.

Artikel Pilihan :  Daftar Paket Smartfren ,Harga dan Paket Smartfren Unlimited 2020

Langkahnya adalah dengan mematikan HP secara total, lepaskan baterai dan diamkan kurang lebih 2 sampai 3 menit. Apabila HP menggunakan baterai tanam, maka anda dapat menekan selama beberapa menit sampai perangkat benar-benar mati.

Nyalakan kembali HP, kemudian masuk ke Recovery. Pada tiap perangkat berbeda-beda saat masuk recovery. Ada yang dengan cara menekan tombol home, tombol volume down dan lain sebagainya. Untuk melakukan navigasi, gunakan tombol yang sesuai dengan perangkat anda.

Langkah recovery adalah klik Advanced, kemudian pilih opsi Wipe dalvik-cache. Lalu bukalah menu Mounts & Storage, selanjutnya pilih opsi wipe atau cache dan Reboot.

  1. Flash ROM Baru

Apabila kerusakan disebabkan oleh flash ROM baru yang tidak kompatibel dengan perangkat HP anda, maka unduh dan install custom ROM yang baru.  Pertama, masuklah ke Recovery, kemudian pilih Instal Zip. Carilah custom ROM yang sudah anda download untuk diinstall, lalu Reboot. Apabila tidak menginginkan custom ROM yang baru, maka anda dapat menginstall di perangkat anda stock ROM bawaan.

  1. Hapus Data

Cara mengatasi HP bootloop dapat dilakukan dengan menghapus data. Lakukan backup terlebih dahulu agar data-data tidak hilang dengan cara masuk Recovery. Pilihlah menu Backup & Restore, kemudian Backup. Selanjutnya pilih Mounts & Storage, lalu pilih Wipe atau data. Selanjutnya klik Wipe atau cache, langkah terakhir Reboot.

  1. Koreksi Permission

Jika salah dalam memberikan permission, maka bisa terjadi bootloop. Cara memperbaikinya dengan masuk ke Recovery. Kemudian bukalah menu Advanced, lalu pilih opsi Fix permissions dan Reboot.

Semua cara di atas tidak dapat diterapkan pada tiap perangkat Android. Anda perlu mengetahui secara detail mengenai spesifikasi perangkat masing-masing. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, maka cara mengatasi HP bootloop dapat anda selesaikan dengan mudah.

Artikel Pilihan :  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel dari LinkAja

 

Artikel Lainnya :